5/10/14

Microsoft Certified Professional

Microsoft Certified Professional (disingkat menjadi MCP) adalah sebuah sertifikasi keahlian yang dibuat oleh Microsoft Corporation. Untuk menjadi seorang MCP, seorang kandidat harus menyelesaikan satu ujian di dalam program Microsoft Certified Professional, yang terdiri atas beberapa jenis sertifikasi mulai dari Microsoft Certified System Engineer (MCSE), Microsoft Certified System Administrator (MCSA), Microsoft Certified Solution Developer (MCSD), dan Microsoft Certified Database Administrator (MCDBA).

Kurikulum yang dicanangkan di dalam MCP adalah segala hal yang berkaitan dengan sistem operasi buatan Microsoft Corporation, khususnya sistem operasi kelas server, seperti Windows NT 4.0 Server, dan aplikasi-aplikasi server Microsoft, seperti Microsoft SQL Server dan platform Microsoft BackOffice.

Setiap mengikuti ujian, seorang kandidat akan dibebankan biaya kira-kira 125 Dolar Amerika. Ujian umumnya berlangsung antara 2 jam hingga 3 jam, dan berisi antara 45 hingga 90 soal pilihan ganda (multiple choice), soal drag-and-drop, dan pertanyaan-pertanyaan masalah-solusi.

Ada beberapa contoh pemegang Microsoft Certified Professional yang cukup menarik, yaitu :
  • pada tahun 2005, Arfa karim seorang pelajar berumur 9 tahun berhasil mendapatkan sertifikat MCP, ia menjadi pemegang MCP termuda di dunia, Gelar tersebut ia sandang hingga tahun 2008. Walaupun usia yang masih sangat muda Arfa Karim memiliki pandangan yang luas dalam pengembangan teknologi juga dalam cara pandangnya. Sebuah ungkapan yang pernah dia sampaikan di depan media. Salah satu unngkapan yang paling terkenal yaitu "Jika Anda ingin membuat sesuatu yang yang besar di dalam kehidupanmu, Anda harus ingat bahwa rasa malu hanya ada di dalam pikiran. Jika Anda berfikir malu, tindakanpun akan mengikuti, jika Ada percaya diri maka Anda akan mampu untuk percaya diri".
  • Pada Tahun 2008, M. Lavinashree seorang anak berusia 8 tahun berhasil mendapatkan sertifikat MCP, yang dimana dengan keberhasilan tersebut ia menjadi pemegang MCP termuda, berhasil mengalahkan Arfa Karim, yang dimana ketika Karim berhasil mendapatkan MCP pada usia 9 tahun. lavinashree memiliki sejarah panjang membuat catatan dalam hidupnya yang singkat - termasuk membaca semua 1.300 bait dari epik Tamil yang berusia 2.000 tahun pada usia tiga tahun
  • Pada Tahun 2012, Shafay Thobani seorang anak berusia 8 tahun berhasil mendapatkan sertifikat MCP, Pada usia 7, Shafay mulai pelatihan untuk lulus ujian yang diperlukan untuk menjadi seorang ahli Microsoft. Melakukan pelatihan tersebut selama 13 bulan pada jadwal yang ketat yang melibatkan menghadiri sekolah dari 7:30 pagi sampai 13:30 sore, diikuti oleh kelas komputer di kantor ayahnya 14:30-20:30. Ayah Shafay adalah Shah Thobani, CEO Thobson Teknologi di Karachi, anak itu memiliki akses ke ruang pelatihan seluas 1.000 kaki persegi yang menampilkan tiga desktop, switch, router dan laptop. Meskipun semua jam-jam kerja, ayah Shafay dan staf yang melatihnya tidak kehilangan jejak dari fakta bahwa anak itu hanya berumur 8 tahun. Ada tempat khusus untuk catur, anak panah dan permainan arcade. Seluruh kerja keras tersebut terbayar, dengan Shafay dilaporkan mencapai skor 91 persen.

Sumber :
http://en.wikipedia.org/wiki/Microsoft_Certified_Professional
http://www.engadget.com/2008/12/23/nine-year-old-girl-is-youngest-person-to-become-microsoft-certif/
http://www.huffingtonpost.com/2012/07/18/shafay-thobani-8-year-old_n_1684186.html
http://www.huffingtonpost.com/2012/01/15/arfa-karim-microsoft-certified-professional_n_1207421.html
http://id.wikipedia.org/wiki/Arfa_Karim_Randhawa

No comments:

Post a Comment