10/7/12

Bahasa Indonesia sebagai Bahasa Internasional


Apa yang pertama kali anda akan lakukan bila anda diberi wewenang untuk menjadikan Bahasa Indonesia sebagai Bahasa Internasional? Mungkin tidak pernah terpikir sedikitpun bila hal tersebut terjadi, tetapi bila hanya untuk berangan – angan inilah yang akan dilakukan :


1. Melakukan banyak pertukaran pelajar, terutama bagi Negara yang menggunakan Bahasa Inggris, dan Bahasa lainnya.
Mengapa hal tersebut dilakukan? Karena sangat penting untuk melakukan pertukaran pelajar, disamping para siswa pertukaran pelajar dapat belajar Bahasa Indonesia, mereka dapat mempelajari  budaya,s ejarah, suku yang ada Indonesia, sedangkan bagi siswa dari Indonesia mereka dapat belajar mengenai perkembangan ilmu pengetahuan yang ada disana, dan mengajarkan Bahasa Indonesia pada orang asing yang ada disana.


2. Membuat sebuah permainan untuk belajar Bahasa Indonesia dengan mudah.
Disamping melalui ilmu pengetahuan, agar lebih mudah belajar Bahasa Indonesia sebaiknya dibuat seperti sebuah permainan, karena melalui permainan untuk belajar Bahasa Indonesia diharapkan orang tersebut.

Contohnya : “Moekana”, yaitu sebuah pernainan kartu dimana seseorang dapat mempelajari alfabet fonetis dasar di Bahasa Jepang yaitu Hiragana. Dengan permainan ini pemain dapat mempelajari bahasa jepang yang dasar dengan cara yang menyenangkan. 


3. Membuat Kampanye menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar.
Seperti yang kita ketahui banyak sekali Bahasa Indonesia yang tidak baku, dan hal tersebut akan menyulitkan orang asing yang sedang belajar Bahasa Indonesia ketika berkomunikasi dengan Orang Indonesia yang menggunakan Bahasa Indonesia yang tidak baku. Jadi, Bila dilakukan kampanye ini, akan sangat membantu orang asing yang sedang belajar Bahasa Indonesia dan tidak hanya itu, Indonesia akan dipandang sebagai Negara yang memiliki Bahasa dan tutur kata yang  baik.


4. Melakukan kerjasama  dengan Negara yang menggunakan Bahasa Indonesia / Melayu.
Mengapa hal ini dilakukan? Karena akan sangat efektif bila tempat yang menjadi tujuan belajar Bahasa Indonesia / Melayu tidak hanya terpaku pada satu Negara, tetapi mengapa melakukan kerjasama dengan Negara yang menggunakan Bahasa Melayu? Walaupun penyebutan kata pada Bahasa Melayu berbeda dari Bahasa Indonesia, Kedua Bahasa tersebut masih serumpun dalam pengertian, bila seseorang sudah lancer Bahasa Melayu, akan lebih mudah belajar Bahasa Indonesia.


5. Menjadikan Indonesia  sebagai tujuan wisata dan sarana belajar Bahasa Indonesia.
Mengapa Indonesia dijadikan tujuan utama wisata? Seperti yang kita ketahui, Bali adalah salah satu tempat wisata yang sangat terkenal baik didalam ataupun diluar Negeri, tetapi masih banyak wilayah Indonesia yang sangat bagus untuk dijadikan tujuan wisata dan belum diketahui oleh wisatawan asing. Sebagai sarana belajar Bahasa Indonesia, yang dimaksud disini adalah dalam sebuah tur wisata ke tempat yang memiliki nilai edukatif akan ditemani oleh pemandu wisata, disinilah yang menjadi sarana belajar Bahasa Indonesia, ketika menjelaskan sesuatu menggunakan dua bahasa, yaitu Bahasa wisatawan tersebut dan di terjemahkan kedalam Bahasa Indonesia, sehingga wisatawan tersebut menjadi mengerti dan mungkin akan tertarik belajar Bahasa Indonesia.



6. Mengadakan acara / Event yang bertemakan Indonesia di Negara yang sedang mempelajari Bahasa Indonesia.
Acara yang bertemakan Indonesia di Negara yang sedang mempelajari Bahasa Indonesia mungkin adalah salah satu cara untuk memperkenalkan Indonesia secara internasional, karena Indonesia memiliki banyak sekali budaya yang datang dari berbagai provinsi. Inilah yang merupakan nilai lebih yang dimiliki Indonesia, karena akan sangat menarik para wisatawan yang ada di Negara tersebut, terutama wisatawan yang sedang mempelajari bahasa Indonesia.

Mungkin itulah yang akan saya lakukan bila mendapat wewenang untuk menjadikan Bahasa Indonesia sebagai Bahasa Internasional, walaupun hanya berangan- angan bila suatu saat hal tersebut terjadi apakah anda akan siap?


Sumber Referensi : 

2 comments: