10/6/12

Bahasa Indonesia sebagai alat transaksi


Indonesia adalah Negara yang terdiri dari kepulauan dan dilewati oleh garis khatulistiwa. Sehingga dengan letak astronomis tersebut Indonesia memiliki beragam kekayaan alam, suku, budaya, dan bahasa daerah. Bahasa daerah yang beragam menyebabkan Indonesia merupakan sebuah Negara  yang unik.

Pernahkah terbayang bila Indonesia tidak memiliki bahasa pemersatu? Bila hal tersebut terjadi mungkin Indonesia tidak akan seperti saat ini, dikarenakan akan terjadi kesalahpahaman antara satu suku dengan yang lainnya. Oleh karena itulah Indonesia menggunakan bahasa pemersatu yaitu, Bahasa Indonesia.  
Fungsi Bahasa dalam kehiduapan sehari – hari adalah mempermudah kehidupan manusia dalam bergaul, mempelajari sesuatu yang berkaitan dengan ilmu, untuk mempelajari bahasa sendiri sehingga bisa merangkai kata – kata sebaik mungkin.

Fungsi Bahasa menurut para ahli adalah :
~Del Hymes & Guy Cook
  Bahasa berfungsi sebagai :
1.       Situasi (Kontekstual)
2.       Pesan(Referensial)
3.       Penutur(Emotfi)
4.       Mitra tutur(Konatif/Direktif)
5.       Jalur(fatis)
6.       Bentuk pesan(puitis)
7.       Aspek bahasa(Metalinguistik)

~Ernawati W
  Bahasa memiliki fungsi sebagai :
1.       Sebagai pemersatu
2.       Sebagai pemberi kekhasan
3.       Sebagai pembawa kewibawaan
4.       Sebagai kerangka acuan

~Halliday
  Bahasa memiliki fungsi sebagai :
1.       Fungsi Instrumental
2.       Fungsi regulatoris
3.       Fungsi Interaksional
4.       Fungsi personal
5.       Fungsi heuristic
6.       Fungsi imajinatif
7.       Fungsi representative



Transaksi adalah sebuah kegiatan, yang mempengaruhi ekonomi seseorang ataupun sebuah perusahaan yang dapat dihitung dengan satuan uang..

Pengertian Transaksi menurut Para ahli :
Skousen(2007:71) : dalam bukunya “Pengantar Akutansi keuangan”  menyatakan bahwa : “Pertukaran barang dan Jasa (Baik individu, perusahaan -  perusahaan dan organisasi lain) kejadian lain yang mempengaruhi  ekonomi atau bisnis.

Indra Bastian(2007:27) : Transaksi adalah pertemuan antara dua belah pihak (penjual dan pembeli )yang saling menguntungkan dengan adanya data/bukti/dokumen pendukung yang dimasukkan ke dalam jurnal setelah melalui pencatatan.

Slamet Wiyono(2005:12) :  Transaksi adalah suatu kejadian ekonomi atau keuangan yang melibatkan paling tidak dua pihak ( seseorang dengan seseorang atau beberapa orang lainnya)yang saling melakukan pertukaran, melibatkan diri dalam perserikatan usaha pinjam meminjam dan lain – lain atas dasar kesepakatan satu dengan yang lain dan berdasarkan hukum / syariah yang berlaku

Kamus Besar Bahasa Indonesia : Persetujuan jual beli dalam perdagangan antara pihak pembeli dan penjual.
  
Pentingnya Bahasa Indonesia sebagai alat transaksi, sebagai contoh : di Indonesia, seseorang dari suku A bertransaksi dengan seseorang dari suku B, tetapi karena kedua orang tersebut berbeda suku, dan bahasa, transaksi tidak dapat terjadi, inilah yang merupakan pentingnya Bahasa Indonesia sebagai alat transaksi.

Dahulu, sebelum terjadinya transaksi menggunakan uang, menggunakan cara barter, tetapi karena dulu belum memiliki bahasa pemersatu yaitu bahasa Indonesia, terkadang barang yang dibarter tidak setara yang didapatkan. Pentingnya menggunakan Bahasa yang sama pada transaksi adalah agar dapat terjadi kesepakatan dalam melakukan sebuah transaksi antara dua orang ataupun lebih.
Contoh lainnya adalah pada saat menggunakan ATM (Anjungan Tunai Mandiri), bila sebuah Bank menggunakan bahasa yang berbeda – beda  pada ATMnya maka akan sangat sulit untuk mengatur database yang ada di ATM itu, dikarenakan bahasa yang digunakan lebih dari satu dan dapat mengakibatkan kekacauan pada sistem tersebut.

                Dari banyaknya pernyataan diatas dapat disimpulkan sebuah transaksi tidak akan terjadi kesepakatan bila orang yang melakukan transaksi tersebut menggunakan bahasa  yang berbeda – beda , khususnya di Indonesia, karena memiliki beragam bahasa daerah sehingga Bahasa Indonesia  sangat berperan penting dalam menunjang transaksi .

Sumber Referensi :

No comments:

Post a Comment